31.12.14

Ciuman Ibu Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi




Hai bunda... ternyata ciuman dari anda kepada bayi anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi, berikut ini penjelasannya...

Terkadang, anak hanya membutuhkan ciuman dari ibu mereka untuk merasa lebih baik saat sakit. Hal ini bisa jadi karena ada kedekatan psikologis antara ibu dan anak, sehingga anak merasa nyaman dan aman bersama ibu mereka.

Namun penelitian pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa ciuman ibu tak hanya berdampak secara psikologis, tetapi juga secara fisik. Peneliti menemukan bahwa ciuman seorang ibu bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh pada bayinya, seperti dilansir oleh Genius Beauty (19/07/10).

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Tagg menemukan bahwa ketika mencium bayinya, ibu 'menularkan' bakteri tertentu yang membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh anak terhadap demam dan infeksi telinga.

Tak hanya itu, pelukan ibu juga bisa membuat anak mereka sembuh dari penyakit dengan lebih cepat. Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap 61 bayi di rumah sakit Bliss, Montreal. Peneliti mengamati detak jantung bayi, tingkat oksigen dalam darah, serta mengamati ekspresi wajah bayi ketika diambil sampel darahnya.

Penelitian ini menemukan bahwa bayi yang dipeluk ibunya saat pengambilan darah lebih cepat sembuh dari rasa sakit yang diakibatkan jarum suntik. Bayi yang dipeluk ibu saat diambil darahnya langsung merasa nyaman setelah tiga menit. Sementara bayi yang tak dipeluk ibunya masih merasakan sakit dalam waktu yang lebih lama.
(Sumber : merdeka.com)

0 komentar:

Post a Comment