31.12.14

Beberapa Penyebab Bayi Suka Ngiler



Hai bunda... bayi anda suka ngiler? ternyata banyak faktor yang menyebabkan bayi suka ngiler, berikut penjelasannya, moga bermanfaat...

Kebanyakan bayi memang suka ngiler. Namun tak jarang juga bayi yang terlalu banyak ngiler. Jika Anda merasa bayi Anda terlalu banyak ngiler dan cenderung berlebihan, kemungkinan ada alasan di baliknya. Seringkali orang tua berpikir bahwa bayi yang ngiler adalah bayi yang sedang lapar. Padahal itu tidak benar.

Ada banyak hal yang menyebabkan bayi ngiler terlalu banyak. Biasanya air liur keluar untuk membantu bayi menghilangkan bakteri dalam mulut mereka. Berikut adalah beberapa alasan bayi ngiler terlalu banyak, seperti dilansir oleh Boldsky (23/06).

1. Tumbuh gigi
Kebanyakan bayi ngiler terlalu banyak saat gigi mereka tengah tumbuh. Banyak bayi yang mulai ngiler ketika gigi mereka muncul. Bayi yang baru tumbuh gigi akan mulai suka menggigit-gigit benda. Ini menyebabkan kelenjar air liur menjadi aktif secara berlebihan.

2. Infeksi
Kemungkinan bayi memiliki infeksi dalam mulutnya sehingga dia ngiler terlalu banyak. Air liur adalah salah satu cara tubuh mencegah infeksi dan mengatasinya. Kemungkinan sistem kekebalan tubuh bayi terpicu oleh infeksi dalam mulut dan menyebabkannya banyak mengeluarkan air liur.

3. Proses pertumbuhan
Bayi berusia tiga bulan biasanya memproduksi air liur yang banyak. Ini adalah bagian dari pertumbuhannya dan sangat normal. Meski bayi biasanya tumbuh gigi sebelum usia enam bulan, namun gigi biasanya sudah mulai muncul pada gusi. Ini yang memicu kelenjar air liur untuk memproduksi air liur secara hiperaktif.

4. Pencernaan
Air liur yang diproduksi oleh mulut bisa menetralkan asam lambung. Ini akan membantu bayi untuk meredakan rasa sakit dan menenangkan sistem pencernaannya. Jadi, tak masalah ketika bayi terlalu banyak ngiler karena ini juga ada manfaatnya untuk pencernaan bayi.

5. Refluks asam
Terkadang bayi mengeluarkan lagi susu yang sudah mereka minum. Ini karena kerongkongan mereka belum menutup sempurna dan bisa terbuka kapan saja. Karena itu bayi rentan terkena refluks asam dan muntah. Jika ini terjadi, bayi akan merasa tak nyaman, begitu juga dengan tenggorokan dan laring mereka. Ketika bayi banyak memproduksi air liur, mereka akan membantu meredakan iritasi pada kerongkongan dan mengurangi sensasi terbakar pada saluran pencernaan.

Itulah beberapa alasan mengapa bayi terkadang banyak mengeluarkan air liur. Seringkali ini disebabkan oleh hal yang tak terlalu serius dan berbahaya. Bahkan sebaliknya, sering ngiler justru bisa menandakan bahwa tubuh bayi bereaksi dengan sehat.
(Sumber : merdeka.com)

0 komentar:

Post a Comment