30.12.14

Beberapa Penyebab Bayi Sering Gelisah dan Menangis


 
Hai Bunda... Anda mungkin salah satu diantara orang tua yang kebingungan ketika bayi anda seringkali menangis dan rewel. Mengingat bahasa bayi yang tidak begitu anda kenali sehingga anda memerlukan kepekaan ketika bayi anda tiba-tiba menangis dan rewel. Meskipun anda  sudah peka namun anda tidak begitu mengerti dengan kondisi bayi yang tiba tiba menangis dan rewel. Bahkan anda kehabisan cara untuk membuat bayi anda tidak gelisah dan menangis.
Kondisi dimana bayi mengalami gelisah dan menangis dapat dipicu karena beberapa hal, dimulai dari faktor ringan hingga gangguan kondisi bayi anda. Sehingga penyebab utama bayi anda menangis harus anda kenali terlebih dahulu. Salah satu diantaranya adalah kebutuhan bayi yang tidak terpenuhi yang membuatnya gelisah dan menangis. Bayi yang gelisah dan menangis mencoba untuk menerjemahkan keinginannya sehingga anda dapat memenuhi kebutuhan bayi tersebut.

Berikut ini akan kami uraikan penyebab penyebab bayi seringkali gelisah dan menangis sehingga membuatnya tidak nyaman :

1. Lapar
Kondisi lapar seringkali menjadi pemicu bayi anda menjadi gelisah dan menangis. Meskipun demikian kondisi ini akan  diikuti dengan tanda-tanda lainnya yang sebelum bayi anda menangis. Pertama kali bayi anda sangat gelisah kemudian setelah itu akan di ikuti dengan gerakan mulut bayi anda yang seringkali membuka dan menutup mulutnya, terkadang bayi anda menghisap jari-jarinya bahkan ketika kondisi lapar bayi anda sudah klimaks. Maka akan ditandai dengan memutar kepalanya ketika anda meletakan tangan anda di atas bibirnya. Solusi yang harus anda lakukan adalah dengan segera memberikan ASI atau makanan pendamping ASI bagi bayi yang sudah berumur 6 bulan ke atas.
2. Terlalu Lelah
Bayi anda yang seharian bermain dengan anda, nampaknnya merasakan kelelahan. Salah satu tandanya dengan gelisah dan menangis. Tanda pada bayi yang kelelahan yaitu sering mengusap matanya dan seringkali menguap. Selanjutnya disertai dengan suara suara rewel dan mata tertutup. Solusi bagi anda yaitu hindari kebisingan dan membawanya ke tempat tidur disertai dengan memutarkan musik sehingga membuat bayi anda tidur.
3. Perubahan Suhu Tubuh
Suhu tubuh yang cepat berganti memerlukan adaptasi bagi bayi anda sehingga seringkali membuatnya rewel, gelisah dan menangis. Kondisi terlalu panas akan memmbuatnya tidak nyaman, solusi yang dilakukan yaitu dengan melepas selimbut atau pakaian yang membuatnya tidak nyaman dan menggunakan pakaian berbahan katun yang mudah menyerap keringat. Berikan pentilasi yang cukup sehingga kembali membuatnya nyaman. Sedangkan apabila kedinginan ciri-ciri lainnya yaitu bayi anda menggigil, bayi anda lebih banyak diam kulit bayi anda akan nampak seperti merah atau putih. Solusinya yaitu memberikan penghangat bisa dengan lampu biasa atau dengan memberikannya selimbut.
4. Tumbuh Gigi
Kondisi lainnya yang membuatnya bayi anda seringkali gelisah dan menangis adalah ketika tumbuh gigi. Hal ini dikarenakan dengan tumbuh gigi membuatnya suhu tubuhnya berubah disertai dengan gusi yang bengkak dan merah dan selera makan berkurang. Solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan mainan gigit yang aman sehingga dapat mengurangi rasa gatal pada gusinya.
5. Mengalami Gangguan Kesehatan
Gangguan kesehatan yang seringkali terjadi pada bayi akan menyebabkan bayi anda gelisah dan menangis. Salah satu diantaranya adalah perut kembung, kolik, Flu dan demam.Masing masing memiliki ciri yang berbeda akan tetapi salah satu yang perlu anda ketahui bahwa bayi yang menangis disebabkan karena gangguan kesehatan seringkali disertai dengan kondisi yang cepat lelah, menangis kesakitan dan perubahan suhu tubuh.
Dengan demikian bagi anda yang seringkali mengalami perubahan pada bayi terutama pada bayi yang sering gelisah dan menangis maka kenali ciri kondisi yang terjadi pada bayi anda yang lainnya. Apabila masih menangis maka buatlah suasana yang nyaman dan memberikan pertolongan pertama apabila tangisannya merupakan gangguan kesehatan.

Sumber : Bidanku.com

0 komentar:

Post a Comment