24.12.14

6 Minggu Pertama Ibu dan Bayi



Bunda Berikut ini rutinitas di minggu-minggu pertama setelah Bayi anda lahir dan di bawa pulang...
Semenjak bayi dibawa pulang,  bab baru  kehidupan ibu dan bayinya dimulai. Seluruh aktivitas Anda sehari-hari berubah total. Akan terjadi kepanikan dan kebingungan, itu wajar. Yang penting  jalani saja peran baru Anda sebagai  ibu sambil mengamati dan mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi pada diri Anda sendiri dan juga bayi selama 6 minggu pertama. Naluri Anda sebagai ibu akan membimbing dan membentuk Anda menjadi ibu yang terbaik bagi bayi Anda!
  • Minggu 1. Hari-hari Anda  belajar beradaptasi dengan rutinitas baru bersama bayi. Memang tidak mudah dan tak jarang membuat Anda  menangis karena  berbagai perasaan  berkecamuk  saat Anda dilanda baby blues.
  • Minggu 2. Saatnya untuk meluangkan waktu dan perhatian untuk diri sendiri. Delegasikan semua urusan rumah tangga agar kelelahan setelah menjalani persalinan tidak berkepanjangan sehingga tubuh Anda dapat pulih kembali.
  • Minggu 3. Bayi Anda akan mengenali bau tubuh Anda dan itu membuatnya merasa aman, nyaman, dan membuatnya tenang.
  • Minggu 4. Ini saatnya Anda mulai  membawa bayi Anda jalan-jalan ke luar rumah, misalnya untuk menjemurnya di bawah matahari pagi antara pukul 7-8. Anda juga dapat membawanya ke dokter anak untuk melakukan pemeriksaan rutin dan memantau proses tumbuh-kembang yang telah dicapainya, serta memenuhi pemberian vaksin  wajib sesuai jadwal.
  • Minggu 5. Bayi Anda sudah mulai dapat diajak bermain! Coba lakukan pijat dan senam bayi bersama.  
  • Minggu 6. Kehadiran bayi di tengah Anda dan pasangan, sudah tidak lagi menyita seluruh waktu dan perhatian Anda, sehingga Anda kembali memiliki waktu untuk diri sendiri serta pasangan.  (Sumber : ayahbunda.co.id)

0 komentar:

Post a Comment