27.5.14

Olahraga itu bagus,tetapi jika olahraga saat demam?????....Berbahaya!!!!

 Olah raga saat demam,berbahaya...ini penjelasannya...:)
Olahraga mungkin disebut-sebut bisa membuat badan jadi bugar dan sehat. Tapi perhatikan juga kondisi tubuh Anda, salah-salah justru makin sakit jika berolahraga di saat yang salah, salah satunya saat sedang demam.

Saat tubuh sedang mengalami demam atau ketika suhu tubuh sedang meningkat, Anda mungkin berpikir dengan melakukan latihan ringan akan membantu membuat Anda berkeringat dan suhu tubuh menurun. Benarkah demikian?

"Tidak dianjurkan olahraga saat demam. Kenapa? Karena olahraga dapat meningkatkan suhu inti tubuh," papar dr Grace Tumbelaka, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga, kepada detikHealth saat ditemui di sela-sela acara 'Exercise is Medicine' yang diselenggarakan di The Sultan Hotel, Jl Jend Gatot Soebroto, Jakarta, dan ditulis pada Sabtu (26/4/2014).

Menurut dr Grace, saat tubuh sedang sehat pun olahraga dapat meningkatkan suhu inti tubuh dan memicu keringat. Nah, jika Anda berolahraga saat demam, maka suhu tubuh bukannya menurun tetapi justru akan meningkat. Akibatnya, demam tak kunjung mereda dan Anda mungkin akan semakin lemas.

"Perhatikan dulu penyakit penyebab demamnya. Beberapa penyakit mengharuskan Anda untuk istirahat. Kalau memang demamnya karena Anda butuh istirahat, ya istirahat total, jangan olahraga dulu," pesan Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga (PDSKO) tersebut.

Jika Anda sedang demam, beberapa saran yang lebih dianjurkan adalah untuk minum lebih banyak air putih agar Anda terhindar dari dehidrasi. Selain itu, perbanyaklah istirahat dan kurangi aktivitas berlebihan sebisa mungkin.

0 komentar:

Post a Comment