27.5.14

Ayooo semangat berolahraga Bunda,minimal 30 menit sehari! Kematian Cepat Tidak Menghantui

Makin banyak kampanye untuk hidup sehat dan rutin berolahraga ternyata tidak serta-merta mendorong orang untuk berhenti hidup sedenter atau bermalas-malasan. Padahal efeknya terhadap kesehatan sudah jelas di depan mata.

Sebuah studi baru pun memastikan kurang olahraga merupakan faktor risiko terbesar bagi wanita berusia di atas 30 tahun untuk terserang sakit jantung.

Jadi setelah mengamati kondisi kesehatan lebih dari 30.000 wanita yang lahir di tahun 1920-an, 1940-an dan 1970-an, tim peneliti dari University of Queensland Australia menemukan kebiasaan merokok paling berdampak pada kesehatan jantung wanita berusia di bawah 30 tahun.

Akan tetapi bagi wanita yang lebih tua, faktor risiko ini ditentukan oleh kurangnya aktivitas fisik yang mereka lakukan. Dengan asumsi, semakin menua kebiasaan merokok wanita-wanita ini terus berkurang atau malah dihentikan.

Dari situ peneliti merasa upaya atau kampanye untuk mendorong agar orang-orang mau berolahraga harus lebih digencarkan daripada kampanye anti-merokok.

"Kita butuh usaha lebih untuk mendorong agar para wanita tetap aktif, bahkan hingga usianya senja," papar Prof Wendy Brown dari pusat riset olahraga, aktivitas fisik dan kesehatan, University of Queensland seperti dikutip dari BBC, Senin (12/5/2014).

Menurutnya, bila seorang wanita mau berolahraga sedikitnya 30 menit atau yang paling ideal 45 menit, maka kesehatannya akan terdongkrak dan risiko sakit jantung yang menghantuinya bisa menurun hingga separuh.

Sayang tidak dijelaskan mengapa wanita lebih rentan terkena sakit jantung bila malas beraktivitas, dan bagaimana pengaruh kurangnya aktivitas fisik ini pada pria. Padahal menurut studi lain dari Stanford University Medical School, pria lebih cepat terkena serangan jantung atau meninggal dunia karenanya dibanding wanita.

Berdasarkan rekomendasi dari National Health Service (NHS) UK, orang dewasa berusia 19-64 tahun disarankan untuk melakukan aktivitas selama 150 menit atau lima hari seminggu, masing-masing selama 30 menit.

0 komentar:

Post a Comment