9.12.13

Tips cegah diabetes pada si kecil

EPIDEMI obesitas merupakan penyebab populasi diabetes pada anak terus meningkat. Karenanya, para orangtua harus mengambil langkah cerdas agar anak bebas dari diabetes. Seperti apa?

Menurut Dr. Manny Alvarez dari Departemen Obstetri dan Ginekologi dan Ilmu Reproduksi di Hackensack University Medical Center, New Jersey, upaya pencegahan diabetes pada anak itu datangnya pada orangtua dan hanya mereka yang bisa mengontrol anak.

Untuk bisa mencegah diabetes pada anak, para orangtua harus bisa mengetahui gejala prediabetes. Pada saat dirasa anak memiliki salah satunya, para orangtua segeralah berkonsultasi dengan dokter.
Berikut tanda-tanda yang orangtua bisa curigai bahwa anak mereka sudah mengalami pradiabetis:

- Nigricans Acanthosis atau lekukan kulit di sekitar leher, khususnya di daerah posterior. Kulit ini hiperpigmentasi, tanda lekukan itu
berwarna gelap. Anak-anak dengan gejala ini sering salah didiagnosis di mana dikatakan hal itu karena eksim pada leher.

- Kulit gelap yang sama di daerah ketiak dan selangkangan

- Tanda didaerah kulit di leher terdapat acanthosis

- Minum berlebihan dan buang air kecil yang berlebihan (meskipun
kejadian lebih sering terjadi pada diabetes tipe I)

- Tes darah pada anak-anak menunjukkan trigliserida tinggi dan mereka sering memiliki tekanan darah tinggi bersama lingkar perut yang besar.

Sementara cara untuk pencegahan, Dr. Manny menuturkan, mendorong anak menjadi pola makan sehat, lebih banyak serat dan konsumsi makanan olahan yang lebih sedikit. Selain itu, para orangtua bisa mendorong anak lebih banyak berolahraga.

"Anda bisa mengajak anak Anda lompat tali, itu merupakan olahraga yang gratis. Anda bisa mengajarkan anak untuk berjalan lewat tangga bukan naik lift. Pokoknya, para orangtua harus kreatif," kata Alvarez

"Agar efektif, orangtua perlu bekerja sama dengan dokter anak mereka. Karena mencegah anak dari diabetes diperlukan upaya kelompok."(sumber: okehealth)

0 komentar:

Post a Comment