16.1.13

Mitos Salah Mengenai Obesitas Pada Bayi

 Ketika kita para ibu waktu hamil, lalu banyak minum susu hamil apa bisa menyebabkan bayi obesitas?info dari okehealth berikut semoga bermanfaat :)

BANYAK persepsi beredar seputar kehamilan yang justru menyesatkan. Sebelum Anda terjebak dalam asumsi yang salah, ketahui lebih dulu hal-hal apa saja seputar kehamilan yang merupakan mitos semata.

Kehamilan merupakan momen yang paling membahagiakan bagi calon ibu sekaligus merupakan sebuah awal yang dapat menentukan masa depan seorang anak. Di masa kehamilan, kesehatan ibu dan calon bayi merupakan dua hal yang penting untuk diperhatikan, karenanya para ibu hamil harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka dan calon bayi.

Pada saat seorang wanita hamil, mereka terkadang dihadapkan pada nasihat yang diberikan oleh orang sekelilingnya, tentang pantangan dan keharusan selama masa kehamilan. Walaupun maksud dari nasihat tersebut adalah untuk kebaikan, namun tidak semuanya benar secara medis atau ilmiah dan biasanya hanya merupakan mitos yang beredar dan turun menurun di masyarakat.

Salah satu mitos yang kerap dipercaya masyarakat mengenai konsumsi susu pada ibu hamil dapat menyebabkan ibu gemuk dan bayi terlahir dengan berat badan berlebih. Faktanya adalah bahwa susu ibu hamil yang diperkaya berbagai vitamin dan nutrisi merupakan cara aman dan mudah agar ibu mendapatkan asupan nutrisi penting dengan kadar seimbang selama kehamilan tanpa perlu takut bobot tubuh melambung.

“Kehamilan adalah waktu yang sangat penting untuk memastikan ibu mendapatkan nutrisi terbaik untuk membantu calon bayi tumbuh dan berkembang secara normal. Bayi yang sehat terlahir dari ibu yang sehat, di luar dari mitos yang beredar, sang ibu diharapkan mampu mengetahui fakta di balik mitos kehamilan tersebut terutama mitos-mitos terkait dengan asupan nutrisi bagi ibu hamil,”  ujar Prof Suhartono DS. Dr. SpOG(K), Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Ibu & Anak Kendang Sari, dalam sebuah acara bertema Mengulik Fakta Dibalik Mitos Kehamilan bersama Anmum Materna, di Jakarta, belum lama ini.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat 17% dari sebelum hamil yang terdiri dari protein 20%, lemak 30% dan karbohidrat 50%. Untuk memastikan pemenuhan kebutuhan nutrisi selama hamil, alangkah baiknya ibu juga mengonsumsi susu kehamilan. Karena susu kehamilan umumnya dilengkapi nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi.

0 komentar:

Post a Comment