6.1.13

Ibu Hamil Yang Mengalami Depresi,Apa boleh minum Obat?

 Apakah Anda pernah mengalami depresi waktu hamil?coba simak info dari okehealth berikut ini,moga bermanfaat :)
 

TAK sediki ibu hamil (bumil) yang mengalami depresi saat mengandung. Tetapi, apakah boleh bumil mengonsumsi obat untuk menghilangkan depresi?

Temuan dari Journal of American Medical Association (JAMA) mengatakan, tidak ada hubungan antara penggunaan obat depresi terhadap kematian bayi. Penelitian tersebut melibatkan 30.000 wanita dari negara Nordik yang meneliti obat antidepresi bernama selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) khusus untuk bumil.

Hasilnya, tidak ditemukan hubungan antara penggunaan obat dengan kematian bayi saat lahir atau gangguan pada bayi, sebagaimana dilansir EmaxHealth, Jumat (4/1/2013).

Namun, studi terakhir Januari 2012, beberapa peneliti menyarankan agar SSRI tidak boleh digunakan dalam trimester awal kehamilan karena dapat menyebabkan kejang pada bayi.

Selain itu, Dr. Olof Stephansson, MD, Ph.D., dari Karolinska Institute, Stockholm, Sweden, dan melakukan penelitian di Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, serta Swedia mengungkapkan, penggunaan obat antidepresi pada bumil dapat menyebabkan kematian pada bayi yang baru lahir. Tetapi hal ini berkaitan dengan kegiatan perokok para bumil.

The American Pregnancy Association menyarankan agar bumil yang mengalami depresi harus dihilangkan perasaan tersebut. Dengan bahagia, gangguan pada bayi berkurang atau bahkan bayi tidak mengalami gangguan kesehatan. Meskipun terdapat obat antidepresi SSRI, alangkah lebih baik bumil melakukan berbagai terapi untuk menghilangkan depresi.(sumber : okehealth)

0 komentar:

Post a Comment