18.1.13

Hujan,Banjir Waspada Pada Penyakit Dengue

Musim hujan datang...banjir datang...waspada terhadap penyakit dengue.Apa itu dengue?cob simak info dari okehealth berikut :)



DENGUE adalah penyakit tropis dengan penyebaran tercepat. Ancaman pandemi ini sudah menginfeksi hampir 50 juta orang di seluruh benua. Anda termasuk harus berhati-hati khususnya pada musim penghujan seperti ini.

Penyakit dengue ditularkan oleh gigitan nyamuk betina, penyakit ini terjadi lebih luas karena gerakan peningkatan orang,  termasuk benda pembawa seperti tanaman bambu dan ban bekas  serta banjir terkait dengan perubahan iklim.  Penyakit virus, yang mempengaruhi hanya segelintir daerah pada tahun 1950, kini hadir di lebih dari 125 negara - secara signifikan lebih dari malaria, secara historis ini merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang paling terkenal, demikian yang dilansir Foxnews.

Uji coba tahun lalu menunjukkan vaksin yang paling canggih terhadap dengue hanya 30 persen efektif. Dalam sebuah pernyataan, WHO mengumumkan bahwa pada 2012, peringkat dengue sebagai penyakit vektor tercepat menyebarkan virus dengan potensi epidemi di dunia, mengalami peningkatan 30 kali lipat dalam insiden penyakit selama 50 tahun terakhir.

“Akhir tahun lalu, di Eropa mengalami wabah pertama berkelanjutan sejak tahun 1920-an, dengan 2.000 orang yang terinfeksi di Portugal Atlantik pulau Madeira. Di seluruh dunia, 2 juta kasus dengue dilaporkan setiap tahun oleh 100 negara, terutama di Asia, Afrika dan Amerika Latin, menyebabkan 5.000 sampai 6.000 kematian,” ujar Dr Raman Velayudhan, seorang spesialis  departemen kontrol penyakit tropis di WHO.

Namun jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi sebagai penyakit telah menyebar secara eksponensial dan kini hadir di semua benua. "WHO memperkirakan bahwa rata-rata sekira 50 juta kasus terjadi setiap tahun. Ini adalah perkiraan yang sangat konservatif," kata Velayudhan

0 komentar:

Post a Comment