30.1.13

Wow,Ternyata Mandi dengan Cairan Antiseptik Cegah Infeksi Darah Anak

 Ahai....supaya sehat mandiin buah hati denagn cairan antiseptik yuks...kenapa?info dari detikhealth moga bermanfaat :)

Demi menjaga agar anak tak mudah terkena infeksi akibat bakteri, para ibu biasanya memandikan anak-anaknya dengan air yang telah dicampur cairan antiseptik. Selain lebih bersih, nyatanya sebuah studi baru mengungkap bahwa mandi dengan air yang sudah dicampur cairan antiseptik dapat mengurangi risiko infeksi darah yang berbahaya pada anak-anak yang tengah sakit parah.

Kesimpulan ini diperoleh setelah tim peneliti dari John Hopkins Children's Center mengadakan percobaan terhadap lebih dari 4.000 anak yang tengah diopname di 10 unit perawatan pediatri yang ada di lima rumah sakit di AS.

Dalam percobaan ini sabun mandi biasa dibandingkan dengan cairan antiseptik untuk mandi yang mengandung diluted chlorhexidine gluconate (CHG), cairan yang biasa digunakan untuk membunuh virus, bakteri dan jamur. Setelah percobaan selesai dilakukan, dilaporkan anak yang dimandikan dengan cairan antiseptik berisiko terserang infeksi aliran darah (bloodstream infections) 36 persen lebih rendah dibandingkan dengan anak yang dimandikan dengan air dan sabun mandi biasa.

"Mandi dengan air yang dicampur cairan antiseptik setiap hari bisa jadi cara yang relatif murah, cepat dan mudah untuk mengurangi risiko infeksi yang mematikan pada anak-anak yang rentan tersebut," kata ketua tim peneliti Aaron Milstone seperti dilansir dari zeenews, Selasa (29/1/2013).

Temuan ini dirasa penting mengingat infeksi aliran darah seringkali terjadi pada pasien yang kritis, padahal kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk kerusakan organ hingga kematian.

Namun menurut peneliti, mandi dengan cairan antiseptik tampaknya mampu mengurangi infeksi aliran darah yang disebabkan oleh berbagai faktor. Sebab sebelumnya diketahui bahwa sebagian besar risiko serangan infeksi ini diakibatkan oleh penggunaan kateter vena sentral (central venous catheters).

"Infeksi aliran darah, entah itu ada kaitannya dengan kateter atau tidak, banyak terjadi pada pasien anak yang kondisinya kritis dan menyebabkan morbiditas, jadi upaya ini seharusnya dapat mengurangi risiko bakteremia (adanya bakteri di dalam aliran darah) yang diakibatkan oleh berbagai faktor," pungkas peneliti lain, Trish M. Perl.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal The Lancet.

Kanker Pada Anak

 Ibu Ibu semoga info dari detikhealth berikut bermanfaat buat kita yaa,apa yang harus kita lakukan apabila disekitar kita kita dapati anak yang mempunyai penyakit kanker...moga bermanfaat :)



Kanker pada anak tidak bisa dicegah. Sebab penyebab kanker pada anak umumnya tidak bisa diketahui. Karena itu segeralah bawa anak ke dokter jika ada sesuatu yang mencurigakan pada anak.

"Penyebab kanker pada anak tidak diketahui. Tapi diduga interaksi fungsi kimia, radiasi, genetik," kata pakar kanker anak dr Edi Setiawan Tehuteru Sp.A(K), MHA, IBCLC, di Rumah Anyo, Jl Anggrek Nelli Murni A110, Slipi, Jakarta Barat, dan ditulis pada Senin (28/1/2013). Rumah Anyo merupakan tempat tinggal sementara anak-anak penyandang kanker.

Karena kanker pada anak tidak bisa dicegah, maka yang bisa dilakukan orang tua adalah mewaspadai gejalanya. "Kalau curiga karena anak pucat, demam, dan pendarahan maka cek dulu ke dokter. Sebab itu bisa dicurigai leukemia," imbuh dr Edi.

Selain itu jika menemukan benjolan di tubuh anak, maka janganlah dibiarkan. Apalagi jika benjolan bertambah besar dalam waktu singkat. Harus dicek untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pun jika melihat bercak putih di bagian tengah mata bayi yang seolah bersinar bila kena cahaya, atau mata juling mendadak. Sebab hal itu bisa dicurigai sebagai retinoblastoma atau kanker kornea mata.

Jika anak mengeluh pusing, muntah yang menyemprot, lumpuh, dan gangguan keseimbangan maka patut dicurigai terkena kanker otak. Jika perut anak membuncit tanpa sebab jelas, maka jangan kerap ditekan-tekan. Sebaiknya Anda segera membawa anak ke dokter.

"Semakin awal kanker terdeteksi maka semakin besar kemungkinan untuk sembuh," sambung dr Edi.

dr Edi mewanti-wanti agar orang tua tidak melakukan penundaan pada pengobatan anak. Sebab penundaan hanya akan membuat keadaan semakin buruk.

"Kalau diketahui sejak dini ada retinoblastoma, bisa dilakukan pengobatan sehingga meminimalkan pengangkatan bola mata. Demikian pula dengan kanker lainnya," kata dokter yang berpraktik di RS Dharmais ini.

29.1.13

Bagaimana Agar Bayi Cepat Bisa Jalan? Jangan Dipakaikan Popok

Bagi Ibu yang ingin bayinya segera bisa jalan,sebaiknya ikuti info menarik berikut dari detik health berikut ini.monggo disimak :)

Bayi rajin mengompol karena belum mampu mengontrol otot kandung kemihnya. Untuk itulah diciptakan popok, agar ompol bayi tidak langsung membanjiri kasur atau benda-benda lain di sekitarnya. Namun sebuah penelitian menemukan bahwa popok dapat memperlambat kemampuan bayi untuk berjalan.

Penelitian ini dilakukan oleh para psikolog di New York University terhadap 60 orang bayi yang baru belajar ataupun mulai berjalan. Ternyata popok tak hanya mengakibatkan masalah kulit berupa ruam pada bayi, tetapi juga membuat bayi jadi lebih sulit belajar berjalan.

Di antara para bayi yang diteliti, separuh di antaranya berusia 13 bulan yang baru saja belajar berjalan. Separuh lainnya berusia 19 bulan yang sudah mulai bisa berjalan. Bayi-bayi tersebut diuji sebanyak 3 kali, yaitu saat telanjang, mengenakan popok kain dan mengenakan popok sekali pakai.

Para peneliti menemukan bahwa popok mempengaruhi kemampuan berjalan bayi. Di antara bayi berusia 13 bulan, ada 10 dari 30 bayi yang terjatuh. Ketika mengenakan popok sekali pakai, jumlahnya melonjak jadi 17 bayi. Jika mengenakan popok kain yang lebih besar, jumlahnya naik jadi 21 bayi.

Pada bayi yang berusia 19 bulan, pengaruh pemakaian popok masih ada, hanya saja tidak begitu menonjol. Ketika berjalan sambil mengenakan popok sekali pakai atau telanjang, hanya 4 bayi yang jatuh. Angkanya melonjak jadi 8 bayi saat mengenakan popok kain. Ketika mengenakan popok, bayi cenderung mengambil langkah lebih lebar dan pendek.

"Popok membuat adanya gumpalan di antara kaki, berpotensi memperburuk keseimbangan dan posisi bayi. Jadi popok bayi sendiri merupakan suatu gangguan biomekanis yang berlangsung saat belajar berjalan," kata peneliti, Whitney Cole seperti dilansir Medical Daily, Senin (28/1/2013).

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Developmental Science. Walau demikian, para peneliti masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah pengaruh popok ini berlangsung untuk jangka waktu yang panjang. Yang jelas, peneliti meyakini bahwa melepas popok akan mempercepat proses belajar berjalan bayi.

Apakah Persalonan Pengaruhi Bentuk Kepala Bayi?

Apakah Benar,proses persalinan bisa pengaruhi bentuk kepala bayi kita,coba ikuti info dari okehealth berikut ini :)

BENTUK kepala bayi yang baru lahir memang berbeda satu sama lain. Namun, Anda jangan dulu khawatir jika menemukan kepala bayi yang tidak bulat sempurna alias peyang. Kenali lebih lanjut bentuk kepala bayi Anda dengan seksama. Pasalnya, proses persalinan sangat berpengaruh pada bentuk kepala bayi.

Bentuk kepala bayi baru lahir memang dipengaruhi proses persalinan. Menurut dr. Nia Niasari, SpA, bentuk kepala saat proses persalinan menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran jalan lahir, yaitu saat memasuki daerah panggul.  Hal itu terjadi karena tulang-tulang kepala (tengkorak) terdiri dari beberapa tulang pipih yang belum saling menempel rapat dan masih relatif lunak. 

Saat memasuki jalan lahir yang sempit, tulang-tulang tersebut menyesuaikan ukuran kepala dengan cara sedikit saling bertumpuk (molding). Bentuk kepala menjadi berbentuk memanjang (lonjong) sesuai bentuk jalan lahir. Setelah lahir, bentuk kepala akan kembali ke bentuk semula dalam beberapa hari. Tulang-tulang yang bertumpuk (molding) akan kembali terpisah. Tapi tentu saja hal ini tidak terjadi pada bayi yang lahir dengan operasi sesar. Walaupun ada beberapa kasus operasi sesar yang dilakukan setelah bayi sempat menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran jalan lahir. Namun, umumnya bayi lahir dengan operasi sesar mempunyai bentuk kepala yang lebih bulat.

Jadi proses kelahiran turut berperan dalam membentuk kepala bayi saat lahir, tapi bukan dalam hal ukuran kepala bayi. Dan hal ini bersifat sementara, karena setelah beberapa hari akan kembali ke bentuk yang sesungguhnya sesuai bawaan atau genetik.

Ragam penyebab
Selain proses melewati jalan lahir dan saat persalinan berlangsung, kadang diperlukan bantuan alat seperti vacuum untuk menarik kepala bayi keluar. Hal-hal tersebut juga dapat menyebabkan bengkak (benjolan) yang bersifat sementara. 

Benjolan di kepala tersebut tentu saja memengaruhi bentuk kepala untuk sementara waktu. Ada yang disebut sebagai cephalohematomas, yaitu terkumpulnya sedikit cairan darah akibat robeknya pembuluh darah. Benjolan ini lebih lama menghilang, bisa sekitar 1-2 bulan. Benjolan lain disebut caput succedaneum, yang berisi cairan serum, tapi akan lebih cepat menghilang dalam 1-3 hari.

Bentuk kepala bayi baru lahir cenderung lebih terlihat bulat, karena secara proporsional panjang kepala bayi baru lahir ¼ dari panjang seluruh tubuh, dari puncak kepala sampai tumit. Dengan bertambahnya umur, proporsi kepala akan mengecil, sehingga badan sampai kaki akan lebih panjang.

Kepala bayi yang normal umumnya simetris, tapi kadang ada beberapa variasi yang membuat bentuk kepala bayi belum simetris. Hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu:

-Lahir prematur. Karena belum cukup bulan, tulang-tulang tengkoraknya masih agak lunak. Oleh sebab itu mudah berubah bentuk.

-Janin kembar. Ruang gerak yang sangat sempit di dalam rahim membuat pertumbuhan kepala tidak optimal. 

-Posisi tulang yang belum pas pada tempat yang sesungguhnya, misalnya karena pengaruh penekanan pada sisi tertentu saat dalam rahim.

-Akibat terjepit alat bantu persalinan.

-Salah posisi tidur. Bayi dibiarkan tidur pada posisi yang sama, sehingga sisi yang selalu menempel pada bantal akan lebih pipih atau datar. 

-Akibat kelainan genetik. Misalnya, tulang-tulang tengkorak bayi terlalu cepat menyatu, sehingga otaknya tidak punya cukup ruang untuk berkembang

Supaya Anak Tidak Takut Ke Dokter Gigi

Anak Saya seringkali kalo diajak ke dokter gigi selalu takut,info dari okehealth berikut ini moga bermanfaat buat saya dan para ibu yang memiliki buah hati sering takut jika diajak periksa ke dokter gigi.monggo disimak ;)

MELAKUKAN perawatan gigi sejak dini memang sangatlah penting. Ini akan membawa kebiasaan sehat pada anak ehingga anak bisa mendapatkan manfaat dari perawatan gigi awal hingga ia dewasa.

Perawatan gigi dini bisa Anda mulai sejak anak anak masih bayi. Biasanya orangtua kurang mendapatkan informasi bahwa bayi yang baru memiliki gigi, juga harus  mendapatkan perawatan gigi yang baik. Penting untuk merawat anak sejak masih balita. Gigi bayi memegang tempat untuk gigi permanen, yang penting bagi perkembangan bicara, dan memungkinkan anak Anda untuk mengunyah makanan bergizi. 

Jika gigi bayi terinfeksi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi permanen. Mulai saat lahir, bersihkan gusi bayi dengan waslap/kasa basah setelah disusui. Sikat setidaknya dua kali sehari pagi dan menjelang tidur. Jika bayi Anda menggunakan empeng, bersihkan dalam air hangat, demikian yang dilansir Foxnews.

Mulai awal kunjungan ke dokter gigi saat anak Anda mulai beranjak besar.  "Intervensi dini dapat mencegah gigi berlubang," kata Dr Joel H. Berg, Presiden American Academy of Pediatric Dentistry

Anak-anak harus melihat dokter gigi pada saat mereka mengalami gangguan gigi, atau adanya kontrol gigi setiap enam bulan sekali. Kunjungan rutin sebelum usia 3 tahun sampai anak Anda terbiasa diperiksa dapat menghilangkan ketakutan dan membuat pengalaman yang positif.

Makan sehat juga penting untuk menjaga kesehatan gigi anak Anda. Bahkan jika anak Anda tidak diperbolehkan untuk makan kue, gula akan tetap muncul di susu formula, susu, jus buah, bahkan kerupuk. Pastikan anak Anda makan diet seimbang dan cobalah untuk menghindari makanan ringan lengket atau manis. Berikan jus hanya pada saat makan dan saat mengonsumsi air

Tips Agar Anak Mudah Diajak Sikat Gigi

Anak Anda sulit jika diajak sikat gigi,yuk ikuti tips dari okehealth berikut supaya buah hati mudah bila diajak sikat gigi :)

MENYIKAT gigi dua kali sehari memang sangatlah penting untuk kesehatan gigi. Karenanya, menanamkan kebiasaan sehat ini pada anak-anak sedini mungkin perlu dilakukan orangtua. 

Lebih dari 25 persen anak-anak berusia 2 hingga 5 tahun di Amerika Serikat mengalami kerusakan gigi. Padahal gigi yang sehat juga berpengaruh terhadap kesehatan anak secara keseluruhan. Rasa malas dan kurangnya kesadaran berperilaku sehat menjadi faktor banyaknya anak yang enggan menyikat gigi dua kali sehari. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak rajin menyikat gigi, seperti yang dilansir Livestrong.

Model kebiasaan yang baik.
Para ahli sepakat anak-anak tidak mampu menyikat gigi mereka dengan baik sampai mereka berusia 8 tahun. Anda perlu mengawasi anak saat menyikat gigi, untuk membuatnya terbiasa. Terlebih lagi, studi menunjukkan bahwa ketika orang tua memiliki kebiasaan sehat, anak-anak lebih mungkin untuk mengikutinya. Jadi biarkan anak Anda melihat Anda menyikat gigi dua kali sehari, dan bawa anak Anda saat Anda melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. 

Membuatnya menyenangkan.
Jika kebersihan mulut yang baik adalah pengalaman yang menyenangkan untuk anak Anda, maka Anak lebih cenderung ingin melakukannya. Dokter gigi menyarankan untuk menyanyikan lagu saat menyikat gigi atau menggunakan peralatan menyikat gigi yang menyenangkan.

26.1.13

Tahu Dan Telur Buat Anak Cerdas Dan Sehat

 Siapa sih yang gak ingin balitanya tumbuh cerds dan sehat? Berikut ini tips memberikan makanan yang bergizi buat buah hati Anda yang kami ambil dari detikfood,monggo disimak :)


Kebutuhan akan protein sama pentingnya seperti vitamin, serat dan karbohidrat. Karena itulah asupan makanan sumber protein tak boleh terlewatkan. Susu, tahu dan telur bisa diberikan pada si kecil agar kebutuhannya terpenuhi.

Saat berusia di bawah lima tahun, proses tumbuh kembangnya sedang berlangsung. Sebagai penunjag dalam proses perkembangan ini sangatlah memerlukan makanan bernutrisi. Berikut lima jenis maknaan kaya protein yang baik diberikan pada balita.

1. Telur
Telur menawarkan sejumlah protein hewani. Secara alami juga mengandung vitamin D yang dapat membantu menyerap kalsium. Telur bisa diberikan saat sarapan pagi bersama segelas susu, untuk mencegah cepat lapar saat di sekolah.





































































2. Tahu
Tahu merupakan sumber protein nabati yang bersifat anti kanker. Karena itulah sangat baik diberikan pada si kecil. Sajikan sebagai campuran sup atau tumisan bersama sayuran hijau seperti bayam, caisim ataupun sayuran oranye seperti wortel.


3. Kedelai hitam
Kedelai hitam juga sumber protein nabati. Selain itu juga mengandung serat dan kalsium yang sangat dibutuhkan anak-anak usia di bawah lima tahun. Kedelai hitam ini banyak digunakan untuk bahan baku kecap.


4. Yogurt
Yogurt tak hanya mengandung bakteri menyehatkan, tapi juga mengandung banyak protein. Berikan pada si kecil dengan menambahkan sedikit madu atau potongan buah starwberry yang asam segar. Bisa juga tambahkan buah kering untuk meningkatkan energinya.



5. Susu
Protein dan kalsium banyak terdapat dalam susu. Minuman wajib si kecil ini sangat penting dalam membangun jaringan otaknya. Sedangkan kalsiumnya bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat.





19.1.13

Jantung Sehat Harus Banyak Menanam Pohon di Rumah

ayo ayo yang sayang keluarga dan sayang jantung,mulai detik ini termasuk saya :),harus mulai menyayangi tanaman dan rajin menanam pohon ato tanaman di rumah, karena apa?simak info dari okehealth berikut ini .Moga bermanfaat :)


GERAKAN penghijauan lingkungan terkait global warming memang sudah lama berjalan. Bukan tanpa alasan gerakan ini terus digencarkan. Pasalnya, tidak hanya menyejukkan udara di sekitar tapi juga menyehatkan tubuh.
 
Dalam sebuah studi baru yang dilakukan oleh US Forest Service, keberadaan pohon dikaitkan dengan kesehatan manusia. Penelitian di Dinas KehutananStation Pacific Northwest Researchmengatakan bahwa hilangnya 100 juta pohon di timur dan barat tengah Amerika Serikat adalah sesuatu yang  belum pernah terjadi sebelumnya, ini digunakan untuk memelajari dampak dari perubahan besar dalam lingkungan alam di kesehatan manusia, demikian yang dilansir Health24.

Dalam sebuah analisis dari 18 tahun data dari 1. 296 kabupaten di 15 negara, peneliti menemukan bahwa orang Amerika yang tinggal di daerah yang kekurangan pepohonan akibat dari matinya pepohonan karena penyakit tanaman atau serangga pengerek tanaman, mengalami 15.000 kematian akibat penyakit jantung dan 6.000 lebih kematian akibat penyakit pernapasan.

Meskipun penelitian menunjukkan hubungan antara hilangnya pohon dan kematian manusia akibat penyakit pernapasan dan jantung akibat hilangnya pepohonan karena serangga penggerek, namun para peneliti masih melakukan penelitian lanjutan.

18.1.13

Waduh, Bayi Bisa Kena Infeksi Vagina

Buat Para ibu cerdas,info dari okehealth ini moga bermanfaat :)



BUKAN hanya wanita dewasa yang bisa terkena infeksi jamur pada organ intimnya. Ternyata, bayi juga bisa mengalami hal serupa. Kenali lebih lanjut tentang bagaimana penanganan infeksi jamur pada vagina bayi  agar bisa mencegah pertumbuhan jamur yang meluas.

Seorang bayi dapat mengembangkan infeksi jamur vagina akibat pertumbuhan yang berlebih dari jamur yang berkembang secara alami pada tubuhnya. Ini bisa ditimbulkan dari adanya infeksi ragi mulut, yang disebabkan oleh  infeksi jamur vagina.Ketika jamur dilewatkan melalui kotoran dan membuat kontak dengan vagina, maka muncul lah infeksi jamur pada vagina bayi, demikian yang dilansir Livestrong.

Anda dapat mengurangi ragi di daerah vagina dengan menjaga daerah bersih dan kering. Hal ini mungkin tidak cukup untuk mengobati infeksi tetapi penting dalam memerangi dan mencegah infeksi di masa depan. Selalu bersihkan vagina bayi dari depan ke belakang untuk menjaga agen infeksi ditemukan dalam tinja. Hal ini tidak hanya mencakup ragi tetapi juga bakteri berbahaya. Jaga bayi sekering mungkin dengan mengganti popok kotor sesering mungkin. Mandikan bayi dalam air hangat dengan dua sampai tiga sendok makan baking soda atau oatmeal koloid untuk mengurangi iritasi yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Krim antijamur topikal adalah bentuk paling mungkin akan merekomendasikan oleh dokter. Krim antijamur diterapkan pada daerah yang terkena setidaknya sekali per hari, seperti sebelum tidur, selama sekitar tujuh sampai 10 hari. 

Infeksi ragi parah atau berkelanjutan pada vagina dapat diobati dengan pil resep antijamur oral. Ini adalah obat yang sama yang digunakan untuk mengobati infeksi ragi mulut. Antijamur oral umumnya diambil selama 10 hari, namun lamanya pengobatan tergantung pada kondisi perkembangan infeksi.

Pengobatan lainnya adalah dengan probiotik.Bakteri baik yang membantu mengatur  bakteri buruk dan jamur di dalam tubuh. Yogurt mengandung laktobasilus, bakteri yang sehat. Ketika bayi sudah cukup besar untuk makan makanan lunak, Anda dapat memberikan porsi kecil yoghurt setiap hari untuk membantu mengembalikan flora vagina bayi. Flora adalah bakteri yang normal dan keseimbangan jamur pada vagina. Tanyakan pada ahli medis untuk menentukan dosis yang tepat.

Hujan,Banjir Waspada Pada Penyakit Dengue

Musim hujan datang...banjir datang...waspada terhadap penyakit dengue.Apa itu dengue?cob simak info dari okehealth berikut :)



DENGUE adalah penyakit tropis dengan penyebaran tercepat. Ancaman pandemi ini sudah menginfeksi hampir 50 juta orang di seluruh benua. Anda termasuk harus berhati-hati khususnya pada musim penghujan seperti ini.

Penyakit dengue ditularkan oleh gigitan nyamuk betina, penyakit ini terjadi lebih luas karena gerakan peningkatan orang,  termasuk benda pembawa seperti tanaman bambu dan ban bekas  serta banjir terkait dengan perubahan iklim.  Penyakit virus, yang mempengaruhi hanya segelintir daerah pada tahun 1950, kini hadir di lebih dari 125 negara - secara signifikan lebih dari malaria, secara historis ini merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang paling terkenal, demikian yang dilansir Foxnews.

Uji coba tahun lalu menunjukkan vaksin yang paling canggih terhadap dengue hanya 30 persen efektif. Dalam sebuah pernyataan, WHO mengumumkan bahwa pada 2012, peringkat dengue sebagai penyakit vektor tercepat menyebarkan virus dengan potensi epidemi di dunia, mengalami peningkatan 30 kali lipat dalam insiden penyakit selama 50 tahun terakhir.

“Akhir tahun lalu, di Eropa mengalami wabah pertama berkelanjutan sejak tahun 1920-an, dengan 2.000 orang yang terinfeksi di Portugal Atlantik pulau Madeira. Di seluruh dunia, 2 juta kasus dengue dilaporkan setiap tahun oleh 100 negara, terutama di Asia, Afrika dan Amerika Latin, menyebabkan 5.000 sampai 6.000 kematian,” ujar Dr Raman Velayudhan, seorang spesialis  departemen kontrol penyakit tropis di WHO.

Namun jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi sebagai penyakit telah menyebar secara eksponensial dan kini hadir di semua benua. "WHO memperkirakan bahwa rata-rata sekira 50 juta kasus terjadi setiap tahun. Ini adalah perkiraan yang sangat konservatif," kata Velayudhan

16.1.13

Wow! ibu menyusui bisa mengurangi resiko terkena kanker ovarium

 Monggo disimak info dari detik health berikut,moga bermanfaat :)


Kanker ovarium memang tak dapat dicegah ataupun diketahui kedatangannya tanpa deteksi dini, sehingga seringkali dikatakan sebagai the silent killer. Tapi sebuah studi baru menemukan bahwa menyusui dapat mengurangi risiko seorang ibu untuk terkena kanker ovarium hingga hampir dua-pertiganya.

Kesimpulan itu diperoleh setelah tim peneliti dari Australia mempelajari 493 wanita yang terdiagnosis mengidap kanker ovarium dan membandingkannya dengan 472 partisipan sehat yang usianya sebaya dengan pengidap kanker. Masing-masing partisipan pun ditanyai berapa banyak anak yang mereka miliki dan seberapa lama mereka menyusui setiap anaknya.

Hasilnya, partisipan yang menyusui anaknya dalam kurun waktu sedikitnya 13 bulan 63 persen berpeluang lebih kecil terserang kanker ovarium dibandingkan partisipan yang hanya menyusui anaknya selama kurang dari tujuh bulan. Bahkan menurut studi yang sama, efeknya akan semakin besar jika anak yang dimiliki partisipan semakin banyak.

Buktinya, ibu yang memiliki tiga anak yang kesemuanya disusui sendiri selama 31 bulan atau lebih dilaporkan mengurangi peluangnya terserang kanker ovarium sebanyak 91 persen. Kondisi ini telah dibandingkan dengan kondisi partisipan yang menyusui anaknya kurang dari 10 bulan.

"Kami menduga menyusui dapat membantu menunda proses ovulasi dimana sel-sel telur dilepaskan dan ovarium terpapar cairan yang kaya estrogen dan diklaim sebagai salah satu penyebab utama munculnya kanker ovarium," terang peneliti seperti halnya dilansir dari zeenews, Selasa (15/1/2013).

Studi ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Trik Supaya Kulit Tidak Kering Ketika Hamil

 Ini dia Trik dari okehealth supaya waktu hamil, kulit kita tidak kering.Monggo disimak :)
 
 

SALAH satu masalah wanita saat hamil adalah kulit kering. “Rasanya tidak menyenangkan dan juga kurang enak dipandang,” begitu rata-rata keluhan mereka.

Eits, bukan berarti tidak bisa diminimalisir, loh! Kuncinya adalah melakukan perawatan kulit secara tepat. Yuk, temukan caranya, sebagaimana dilansir Mom & Kiddie.

Perubahan Hormon


Seperti kita tahu, selama masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan hormonal yang cukup mencolok. Nah, salah satu akibatnya adalah terjadi perubahan pada kulit.

Dijelaskan oleh dr. Edwin Djuanda, SpKK dari klinik Jakarta Skin Center, perubahan hormon di tubuh ibu hamil (bumil) ini menyebabkan kadar minyak dan elastisitas kulit menjadi berkurang, akibatnya kulit pun menjadi kering. Selain perubahan hormon, kulit kering juga bisa dipicu oleh beberapa faktor lain seperti, pengaruh lingkungan serta minuman yang bumil konsumsi, misalnya alkohol ataupun minuman bersoda.

“Kondisi perubahan kulit kering pada bumi ini bisa saja terjadi di tiap trimesternya, dan timbulnya pun tak menentu. Ada yang muncul pada trimester awal, ada pula yang baru muncul pada trimester berikutnya,” tambahnya.

Timbul gatal dan stretch marks


Jika kulit kering tersebut dibiarkan tanpa dirawat akan berdampak tidak baik. Bukan saja mengganggu penampilan melainkan juga kesehatan BuMil, seperti kulit menjadi gatal. Kalau sudah begitu, tak jarang tangan pun ikutan “gatal” untuk segera menggaruknya. Padahal, jika digaruk dapat menyebabkan kulit meregang. Akibatnya, kulit seperti pecah dan timbul garis-garis atau guratan yang disebut dengan stretch marks.
Menurut riset, stretch marks dapat dicegah dengan cara tidak menggaruknya di saat gatal. Ini mungkin sulit dilakukan mengingat kulit di daerah tersebut biasanya kering dan rasa gatalnya memang tidak tertahankan.

Perawatan

Guna lebih meminimalisir kondisi kulit kering tersebut, ada beberapa tip yang dapat ibu hamil lakukan:

- Jangan menggunakan sabun yang terlalu kuat dan dapat menyerap kelembapan kulit. Pilihlah sabun yang lembut di kulit sehingga tidak menimbulkan kekeringan dan iritasi pada kulit.

- Cukupi kebutuhan bumi akan cairan dengan memperbanyak minum air putih dua sampai tiga liter dalam sehari. Langkah ini selain dapat mencegah kulit kering, juga untuk menghindari BuMil dehidrasi.

- Rajin-rajinlah mengoleskan krim pelembap ataupun minyak zaitun pada bagian kaki, tangan, paha, atau perut terutama saat ingin berpergian keluar rumah dan pada saat malam hari. Saat keluar rumah, kulit akan terpapar oleh faktor –faktor yang merusak kesehatan dan kecantikan kulit, seperti sinar matahari dan polusi. Itu sebabnya kulit perlu dilindungi.

- Sementara itu, malam hari merupakan waktu terbaik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit. Berhubung kandungan air pada kulit paling banyak menghilang di malam hari, maka kulit membutuhkan pelindung yang dapat menjaga kelembapannya sehingga kulit tidak menjadi semakin kering saat proses regenerasi terjadi.

- Penggunaan pelembap yang rutin dan terus-menerus di daerah perut akan mencegah terjadinya stretch marks pada perut. Bilamana terjadi gatal pada perut, usahakan jangan menggaruknya, melainkan hanya diusap-usap saja. Jika gatal terasa mengganggu, konsultasikan pada dokter.

- Rajin mengonsumsi sayuran dan buah segar yang banyak mengandung air, seperti alpukat, semangka, kacang-kacangan.

- Hindari sauna dan jikalau BuMil terpaksa harus mandi menggunakan air hangat, jangan lebih dari 10 menit! Sebab, air panas dapat menghilangkan kadar  minyak dari kulit, sehingga kulit menjadi kering dan gatal.

- Jika rumah atau kamar tidur menggunakan AC, Anda bisa mengaktifkan atau menggunakan pelembap udara (humidifier) untuk meningkatkan kadar air dalam ruangan. Sebab, udara kering akibat AC bisa membuat kulit gatal.

- Lakukan olahraga secara rutin. Olahraga diyakini mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh termasuk juga kulit, sehingga hal ini bisa membantu kesehatan kulit bumil.

- Jaga kebersihan, terutama kebersihan kulit dan lingkungan sekitar.

- Usahakan sehabis mandi atau setelah mencuci wajah, jangan mengeringkan dengan cara menggosok, melainkan keringkan dengan cara menepuk-nepuk handuk pada wajah.

- Bijaklah memilih dan menentukan produk kosmetik, misalnya pelembap tubuh atau krim untuk wajah. Pilih produk kosmetik berbahan dasar air atau alami atau berlabel green (produk hijau) yang umumnya aman untuk BuMil. Pastikan produk terdaftar di Kementrian Kesehatan atau Badan POM. Konsultasikan dengan dokter kandungan dan dokter spesialis kulit terkait produk kosmetik yang selama ini digunakan. Tanyakan apakah masih aman dipakai saat hamil atau sebaliknya. Bila tidak, sebaiknya segera ganti kosmetik sesuai rekomendasi ahli.

- Kulit kering yang parah harus dievaluasi oleh dokter spesialis kulit untuk menentukan apakah diperlukan pengobatan yang lebih lanjut.

Batuk Rejan Pada Bayi

 Untuk Para ibu yang memiliki bayi yang sering sakit batuk rejan,info dari okehealth berikut semoga ada manfaatnya :)


BATUK rejan merupakan salah satu penyakit menular yang bisa menular. Penyakit ini rentan terjadi pada bayi baru lahir yang memiliki kekebalan tubuh yang masih lemah.

Bayi baru lahir dengan sistem kekebalan lemah adalah paling rentan terhadap penyakit. Mereka juga terlalu muda untuk divaksinasi atau diberikan dosis pada usia dua, tiga, dan empat usia bulan pertama kelahiran.

Di Inggris, para wanita hamil disarankan untuk mengikuti program vaksinasi darurat, antara 28 dan 38 pekan. Teorinya bahwa sistem kekebalan tubuh ibu harus menciptakan lebih banyak antibodi untuk menyerang bakteri batuk rejan. Ibu bisa memberikan bayi dalam janin perlindungan lebih, sehingga saat bayi lahir dalam keadaan sehat, demikian yang dilansir BBC.

Prof David Salisbury, Direktur Imunisasi di Departemen Kesehatan di Inggris mengatakan, "Sebanyak 13 bayi telah meninggal sebagai akibat dari batuk rejan tahun ini dan telah ada lebih dari 400 kasus penyakit pada anak-anak di bawah tiga bulan.”

“Penting bahwa bayi harus dilindungi dari hari mereka dilahirkan - itulah sebabnya kami mendorong semua wanita hamil untuk divaksinasi,” ungkap David

Mitos Salah Mengenai Obesitas Pada Bayi

 Ketika kita para ibu waktu hamil, lalu banyak minum susu hamil apa bisa menyebabkan bayi obesitas?info dari okehealth berikut semoga bermanfaat :)

BANYAK persepsi beredar seputar kehamilan yang justru menyesatkan. Sebelum Anda terjebak dalam asumsi yang salah, ketahui lebih dulu hal-hal apa saja seputar kehamilan yang merupakan mitos semata.

Kehamilan merupakan momen yang paling membahagiakan bagi calon ibu sekaligus merupakan sebuah awal yang dapat menentukan masa depan seorang anak. Di masa kehamilan, kesehatan ibu dan calon bayi merupakan dua hal yang penting untuk diperhatikan, karenanya para ibu hamil harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka dan calon bayi.

Pada saat seorang wanita hamil, mereka terkadang dihadapkan pada nasihat yang diberikan oleh orang sekelilingnya, tentang pantangan dan keharusan selama masa kehamilan. Walaupun maksud dari nasihat tersebut adalah untuk kebaikan, namun tidak semuanya benar secara medis atau ilmiah dan biasanya hanya merupakan mitos yang beredar dan turun menurun di masyarakat.

Salah satu mitos yang kerap dipercaya masyarakat mengenai konsumsi susu pada ibu hamil dapat menyebabkan ibu gemuk dan bayi terlahir dengan berat badan berlebih. Faktanya adalah bahwa susu ibu hamil yang diperkaya berbagai vitamin dan nutrisi merupakan cara aman dan mudah agar ibu mendapatkan asupan nutrisi penting dengan kadar seimbang selama kehamilan tanpa perlu takut bobot tubuh melambung.

“Kehamilan adalah waktu yang sangat penting untuk memastikan ibu mendapatkan nutrisi terbaik untuk membantu calon bayi tumbuh dan berkembang secara normal. Bayi yang sehat terlahir dari ibu yang sehat, di luar dari mitos yang beredar, sang ibu diharapkan mampu mengetahui fakta di balik mitos kehamilan tersebut terutama mitos-mitos terkait dengan asupan nutrisi bagi ibu hamil,”  ujar Prof Suhartono DS. Dr. SpOG(K), Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Ibu & Anak Kendang Sari, dalam sebuah acara bertema Mengulik Fakta Dibalik Mitos Kehamilan bersama Anmum Materna, di Jakarta, belum lama ini.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat 17% dari sebelum hamil yang terdiri dari protein 20%, lemak 30% dan karbohidrat 50%. Untuk memastikan pemenuhan kebutuhan nutrisi selama hamil, alangkah baiknya ibu juga mengonsumsi susu kehamilan. Karena susu kehamilan umumnya dilengkapi nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi.

15.1.13

 Awas!kebanyakan vitamin juga bisa berbahaya buat tubuh  kita,coba simak info bagus dari detikhealth berikut ini :


Vitamin seringkali digunakan orang untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh atau membuatnya tetap bugar. Yang paling banyak dikonsumsi adalah vitamin C dan E yang juga merupakan antioksidan untuk menghentikan molekul radikal bebas sebagai salah satu penyebab penuaan dini dan kanker.

Namun selama ini antioksidan dosis tinggi tidaklah membahayakan bagi kesehatan. Akibatnya makin banyak orang yang mengonsumsi vitamin C, bahkan dengan dosis 10 kali lebih tinggi dari dosis yang direkomendasikan para dokter.

Nyatanya belakangan para pakar menemukan bahwa radikal bebas atau reactive oxygen species (ROS) juga memiliki fungsi tersendiri bagi tubuh. Seperti halnya tim peneliti dari Manchester University yang menemukan bahwa hewan baru bisa menumbuhkan ekornya kembali ketika memiliki kadar radikal bebas yang mencukupi di dalam tubuhnya.

"Jadi ketika kami menurunkan kadar ROS-nya, pertumbuhan dan regenerasi jaringan malah mengalami kegagalan. Artinya studi kami menunjukkan bahwa ROS itu penting untuk memprakarsai dan menopang respons regenerasi," papar peneliti Profesor Enrique Amaya dalam laporan studinya yang dipublikasikan di jurnal Nature Cell Biology.

Menurut Profesor Amaya, molekul-molekul ini juga dibutuhkan sebagai bagian dari proses pemulihan yang disebut WnT genetic signalling. Bahkan implikasinya telah terbukti dalam hampir setiap studi tentang sistem regenerasi, termasuk pada manusia.

"Hal lain yang mengejutkan adalah kami dapat menunjukkan bahwa antioksidan memiliki dampak negatif terhadap pertumbuhan ulang dari jaringan karena kita seringkali diberitahu bahwa antioksidan itu bermanfaat bagi kesehatan," tambahnya seperti dilansir Telegraph, Senin (14/1/2013).

Studi ini sependapat dengan klaim Dr. James Watson yang kontroversial. Pasalnya, ilmuwan yang ikut menemukan struktur DNA ini mengungkapkan bahwa antioksidan juga berbahaya bagi penderita kanker stadium akhir.

Dr. Watson menerangkan bahwa ROS membantu membersihkan sel-sel yang disfungsional dan berbahaya dari dalam tubuh. Sebaliknya antioksidan justru mengganggu proses pemulihan tubuh dari kanker dengan cara menghambat efek keberadaan ROS pada tubuh.

Posisi Duduk Buat Ibu Hamil

 Info dari okehealth ini semoga bermanfaat buat para ibu yang sedang hamil yaaa :)

MENJAGA kehamilan tidak saja mencakup asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Lebih dari itu, Anda pun perlu memerhatikan cara duduk dan kebiasaan fisik lainnya agar kehamilan sehat hingga persalinan tiba.

Masa kehamilan tentu saja menjadi momen paling membahagiakan dalam hidup wanita. Namun itu bukan berarti menghentikan segala aktivitas yang ada. Bagi Anda yang bekerja, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan meski dalam kondisi hamil. Berikut ulasannya seperti dilansir Boldsky.

Hindari anak tangga
Ibu hamil yang bekerja sebaiknya menghindari anak tangga. Sebab, ini bisa menimbulkan tekanan pada plasenta. Namun apabila kebetulan Anda sedang naik tangga, maka hindarilah untuk membawa barang yang berat. Tahan pegangan dan naiklah secara perlahan. Pastikan juga sepatu yang dikenakan flat. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan seperti terpeleset.

 
Cara duduk
Saat di kantor, perhatikan cara Anda duduk. Duduklah dengan tegak di kursi. Anda juga bisa meletakkan bantal untuk sandaran. Jika merasa tidak nyaman dan mual, ambil nafas secara mendalam dan makanlah sesuatu.

Istirahat
Perhatikan waktu istirahat. Meski Anda kuat menjalaninya, namun pastikan Anda mengingat waktu istirahat. Istirahat juga bisa bermanfaat untuk mengontrol perasaan yang bisa membuat Anda tidak puas dengan urusan pekerjaan. Berjalanlah sebentar untuk menghirup udara segar.

10.1.13

Anak Suka Game Memasak Cenderung Suka Junk Food


Awas Ternyata Anak yang Suka Game Memasak Lebih Doyan Junk Food

Selain memacu kreatifitas buah hati dalam belajar seni memasak,ternyata game yang isinya memasak bisa juga mempengaruhi anak untuk lebih menyukai junk food,coba simak info dari detikfood berikut ini,semoga bermanfaat yaa :)

Banyak game makanan dibuat untuk merangsang daya kreasi anak. Seperti menghias kue atau meracik pizza. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering memainkan games bertema makanan lebih cenderung suka junk food.

Kritikus industri makanan telah lama mengeluhkan banyaknya games makanan untuk komputer atau alat elektronik lainnya. Padahal sebenarnya game ini adalah 'adver games', atau permainan yang dibuat oleh para produsen makanan untuk mengiklankan produk mereka.

Untuk mengetahui bagaimana adver games ini mempengaruhi pola makan anak, sekelompok peneliti dari Belanda meneliti anak-anak berusia 8-10 tahun. Mereka diminta memainkan dua macam game. Pertama game yang menunjukkan merek permen ternama dan yang kedua untuk menunjukkan buah-buahan.

Grup anak lainnya memainkan sebuah game online yang melibatkan mainan. Semua game yang diberikan menguji kemampuan memori masing-masing anak. Setelah itu, anak-anak tersebut ditawari mangkuk-mangkuk berbeda berisi permen jelly, cokelat, potongan pisang, dan apel.

Para peneliti berasumsi bahwa kelompok anak yang memainkan permainan yang menunjukkan buah-buahan akan memilih antara pisang atau apel. Ternyata, semua anak yang memainkan permainan makanan baik itu permen atau buah mengonsumsi lebih banyak permen.

“Kami sangat terkejut, anak yang memainkan permainan bertema makan mengonsumsi kalori dua kali lipat lebih banyak dari anak yang memainkan game non makanan ataupun yang tidak memainkan game sama sekali”, kata Frans Folkford, mahasiswa pasca sarajana University of Amsterdam yang mempimpin penelitian tersebut kepada The Salt (10/01/2013).

Penelitian ini diterbitkan secara online di American Journal of Nutrition. Dalam jurnal itu dijelaskan, hanya dengan melihat gambar makanan cukup untuk membuat orang ingin makan. Tetapi, permainan bertema makanan lebih persuasif. Menurut Folkford hal ini karena anak-anak lebih terikat secara aktif kepada permainan tersebut dan tidak menyadari permainan itu hanya sebagai alat promosi.

“Permainan komputer bisa juga mendorong anak untuk mengonsumsi makanan sehat, tapi ini bisa menjadi hal yang rumit dan harus disiasati”, kata Jennifer Harris selaku direktur Marketing Initiatives di Rudd Center untuk Food Policy and Obesity di Yale University, Amerika Serikat.

Tahun lalu ia menemukan anak-anak yang memainkan game online dari perusahaan Dole Fruit lebih banyak makan buah. Iapun menyimpulkan bahwa hal ini tergantung pada jenis permainan tdan pesan yang ingin disampaikan.

Buah Sehat Buat Buah Hati

 Tips dari detikfood ini semoga bermanfaat buat para orangtua yang selalu menyiapkan menu sarapan sehat buat buah hatinya :),monggo disimak :)

Susu atau teh sering disajikan sebagai minuman untuk menu sarapan si kecil. Sekali-kali gantilah dengan jus buah atau smoothie yang lembut manis. Nutrisi yang terserap dari menu sarapannya akan membatu konsentrasi saat belajar.

Menentukan jenis menu sarapan anak sangat penting. Karena akan mempengaruhi konsentrasi saat belajar di sekolah. Salah-salah memberikan jenis menunya bisa membuat si kecil lemas dan cepat lelah. Berikut empat menu sarapan bernutrisi rekomendasi weightlossresources agar si kecil tetap bugar saat di sekolah. Misalkan aja dikasih :
1. juice buah,

Jus buah murni tidak hanya memberikan vitamin tambahan namun juga memberikan tambahan konsumsi air untuk mencegah dehidrasi. Sebaiknya hindari pemberian tambahan gula agar nutrisinya terserap baik.

2. Buah segar

Tak ada salahnya berikan potongan buah segar dalam campuran serealnya. Kalau bosan bisa diganti dengan buah kering seperti kismis. Tambahan menu buah dapat memberikan tambahan energi untuk aktifitasnya.

3. Gandum

 Kandungan protein dalam gandum, dapat membantu meningkatkan daya ingat saat belajar. Anda bisa buatkan menu sandwich dengan tambahan sayuran segar agar kebutuhan seratnya terpenuhi.

4.  Smoothie buah
Minuman kaya serat ini sangat baik untuk pencernaanya. Akan semakin lengkap rasanya jika ditambahkan susu skim atau yogurt rendah lemak.


Labu Bagus Buat Ibu Hamil

Pernahkah Anda membuat kue atau bagian dari kolak dengan Labu?yups! selain enak rasanya ternyata menurut info dari okehealth berikut Labu sangat baik buat kesehatan juga buat Ibu yang sedang hamil,moga bermanfaat yaa:)


LABU dikenal karena rasanya yang lezat dan mudah untuk diolah menjadi berbagai makanan nikmat. Selain lezat, makanan yang satu ini bisa juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.
 
Jenis sayuran ini adalah makanan sehat yang harus Anda masukkan dalam diet Anda.Banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari sebuah labu. Vitamin dan mineral juga tekandung didalamnya. Bahkan labu dapat membantu Anda untuk menghadapi penuaan dini. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari labu, seperti yang dilansir Magforwoman.


- Kandungan vitamin A
 
Dengan satu cangkir labu Anda akan memiliki 145 persen  kecukupan gizi yang dianjurkan dari vitamin A yang sangat baik untuk mata Anda dan kesehatan secara keseluruhan.


- Kaya vitamin C
 
Labu memberikan kuantitas yang baik dari Vitamin C, yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda,  juga memiliki sifat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya.
 
Sumber yang baik dari asam lemak omega tiga labu mengandung bahan alami dari asam lemak omega 3 yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan otak Anda.


-Menyediakan serat makanan
 
Mengonsumsi labu memberi Anda sejumlah serat makanan yang juga membantu dalam pencernaan dan mencegah sembelit.


- Baik untuk ibu hamil
 
Folat hadir dalam labu cukup bermanfaat bagi ibu hamil. Defisiensi folat pada ibu hamil dapat menyebabkan cacat lahir bawaan pada bayi seperti spina bifida. Dengan demikian, mengonsumsi labu akan memberikan efek kesehatan yang baik bagi ibu juga bayi Anda.
 
- Memiliki sifat anti-kanker

Kehadiran fitonutrien dalam labu telah menempatkannya menjadi salah satu makanan alami yang  memiliki sifat anti kanker.

- Punya beta karoten

Beta karoten diketahui memiliki efek pencegahan dalam kasus paru-paru serta kanker usus besar. Beta karoten juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

- Memiliki sifat anti-penuaan


Karena kehadiran nutrisi penting dan antioksidan begitu banyak, labu membantu tubuh dalam memerangi penuaan. Antioksidan bertindak sebagai agen anti penuaan dengan melindungi tubuh terhadap radikal bebas berbahaya.

Dampak Buruk Bagi Bayi Yang Nonton TV

Ayo Para Ibu,lebih hati hati jika bayi Anda sudah mulai suka melihat TV.Info dari okehealth yang saya baca moga bisa memberi manfaat ya :)



NIAT hati untuk memberikan hiburan, kenyataanya televisi justru menyisakan efek buruk bagi bayi. Sering menangis hingga agresif jadi imbas yang ditimbulkan.

Kebanyakan dari ibu menenangkan bayinya dengan menyuguhkan tayangan televisi. Tetapi tahukah Anda, hal tersebut justru berdampak buruk pada sang bayi. Menurut penelitian dari University of North Carolina di Chapel Hill, dan North Carolina, televisi dapat mengakibatkan kerewelan pada bayi. 

Penelitian dilakukan pada 217 ibu bayi dari Negara Afrika dan Amerika yang berpartisipasi dalam Yayasan Perawatan Bayi dan Risiko Obesitas. Hasilnya, bayi yang menonton setidaknya 2,6 jam perhari selama tiga bulan cenderung mengalami obesitas dan tidak lulus dalam pendidikan sekolah. Selain itu, bayi lebih rewel dan sering menangis. Dampak dari tayangan televisi membuat bayi lebih aktif dan agresif, sebagaimana dilansir EmaxHealth.

Para peneliti menyimpulkan bahwa memahami karakteristik dari tayangan televisi memengaruhi perilaku dari sang bayi. Bayi cenderung tempramental jika melihat tayangan kekerasan. Tak hanya itu, frekuensi menonton yang berlebihan dapat membuat bayi jadi lebih rewel.

Melihat dampak buruk dari televisi, maka menenangkan bayi dengan membiarkannya menonton tayangan televisi bukanlah cara yang tepat. Pasalnya, bukan ketenganan bayi yang didapat melainkan kerewelan bayi yang jadi pekerjaan rumah Anda selanjutnya.